Minggu, 16 Januari 2011

Tips memilih modem (wirelles)

Pengguna internet sudah menjadikan modem sebagai kebutuhan pokok, kalau tidak ada modem bagaimana mu terhubung dengan dunia maya tersebut. Tips berikut mungkin berguna bagi yang ingin membeli modem baru atau mengganti modem yang sudah ada.
Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan :
  1. Kualitas Modem
    Memilih modem yang berkualitas gampang-gampang susah, intinya pilihlah modem yang murah tapi bukan murahan. Modem yang baik, dapat menangkap signal tanpa teputus-putus. Dalam modem yang baik biasanya disertakan juga software yang baik, cocok dengan berbagai platform sistem operasi yang beredar saat ini. Umumnya dapat berjalan di windows ataupun linux.
  2. Garansi
    Jangan lupakan Garansi!, karena ada toko menjual modem tidak disertai dengan garansi. Garansi modem biasanya 6 bulan sampai dengan satu tahun. Gunanya, agar anda mudah meng-klaim jika terjadi kerusakan.
  3. Fasilitas
    Sebaiknya pilih modem yang kaya dengan fasilitas. Misalnya mendukung kecepatan 3.6Mbps atau 7.2Mbps, terdapat slot memori Secure Digital jenis micro dan mendukung slot USB Extension. Terdapat koneksi fitur koneksi WiFi dan lain-lainnya.
    Tetapi jika fitur-fitur tersebut tidak anda butuhkan, anda dapat mempertimbangkan membeli modem standard tetapi dengan kualitas baik.
  4. Model,
    Jangan tergoda dengan model imut dan cantik. Karena imut dan cantik belum tentu berkualitas. Hindari membeli modem yang bisa dilipat, karena modem jenis ini lebih cepat rusak konektor USB-nya
  5. Software
    Semua modem dilengkapi software, yang perlu dicermati, pilihlah modem yang memiliki settingan lengkap dan tidak dikunci oleh provider tertentu. Karena jika anda memilih modem jenis ini, anda tidak bisa gonta-ganti SIM Card dan biasanya sudah terpaket pada paket penjualan sebuah provider tertentu.
  6. Jenis
    Ada dua jenis modem yang beredar, menggunakan SIM Card GSM dan SIM Card CDMA. Jangan sampai salah pilih, karena kedua kartu tersebut tidak bisa saling bertukar. Jika anda menggunakan SIM Card GSM, pilihlah modem GSM.
  7. Referansi
    Carilah referansi sebanyak mungkin sebelum anda menentukan pilihan. Cara paling baik adalah bertanya kepada teman anda yang menggunakan jenis modem yang sama. Atau anda dapat mendapatkan informasi pada forum-forum yang banyak beredar di internet.
Semoga tips singkat diatas dapat membantu anda menentukan modem yang cocok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar